LEMBAGA PENDIDIKAN YANG MEMBENTUK PERWIRA SEJATI


Bintang
Melambangkan Pancasila, landasan idiil perjuangan Bangsa Indonesia
            
Padi dan Kapas
Melambangkan kesejahteraan masyarakat yang menjadi salah satu tanggungjawab Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat sehingga tercipta landasan untuk menegakkan pertahanan serta keamanan Bangsa dan Negara.
            
Pancaran Sinar
Garis-garis sinar yang memancarkan ke segenap penjuru, melambangkan kesanggupan serta kemampuan Perwira lulusan SESKOAD untuk disebarkan dan ditempatkan keseluruh penjuru wilayah Indonesia, serta melambangkan ilham yang memancar dari SESKOAD.

Lima garis pendek diselang satu garis panjang melambangkan tahun lahir SESKOAD pada tahun seribu sembilan ratus lima puluh satu (1951)
      
Pita pengikat bertuliskan "VIYATA ati)VIRA JATI"
Melambangkan azas tujuan SESKOAD sebagai lembaga pendidikan (VIYATA) yang hendak membentuk perwira-perwira yang sejati (VIRA JATI).
            
Bejana
Melambangkan SESKOAD sebagai wadah pengelolaan daya mampu serta pribadi kader pimpinan TNI Angkatan Darat untuk kejayaan Bangsa dan Negara.
            
Bunga Melati
Bunga melati yang sedang berkembang, melambangkan kepribadian Bangsa Indonesia yang suci bersih, agung, harum semerbak sepanjang masa.
            
Tiga kelopak bunga ditengah yang masih menguncup, erat bersatu, tidak dapat dipisahkan, melambangkan Tri Ubaya Cakti
            
Tiga kelopak bunga ditengah dengan empat kelopak bunga disisinya sehingga berjumlah tujuh kelopak bunga, melambangkan Sapta Marga

Tiga kelopak bunga ditengah-tengah dengan satu kelopak bunga masing-masing disisinya sehingga berjumlah lima buah kelopak bunga melambangkan Sumpah Prajurit.
            
Cakra dan Trisula bersilang
Melambangkan Dwi Fungsi TNI Angkatan Darat, yakni memperjuangkan keamanan dan kesejahteraan Bangsa Indonesia serta merupakan senjata penentu dalam rangka pertahanan dan keamanan yang hanya dipergunakan apabila perlu

Melambangkan falsafah perang Bangsa Indonesia yang hanya akan berperang bila dalam keadaan terpaksa atau dipaksa untuk membela kebenaran dan keadilan


Lembaga Kemiliteran Terkait