PERINGATAN HARI IBU, WARGA SESKOAD BERIKAN SELAMAT DAN APRESIASI KASIH SAYANG IBU

  • 2017-02-06 11:03:22
  • penhumas

Bandung, Seskoad: Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-88 tahun 2016 diperingati oleh prajurit dan PNS Seskoad  dengan menggelar upacara bendera, bertempat di lapangan Melati Mekar Seskoad, Kamis ( 22/12/2016 ). Selaku Irup pada upacara tersebut adalah Wadan Seskoad Brigjen TNI Kurnia Dewantara.

Pada pelaksanaan upacara yang diikuti para pejabat Struktural Seskoad, serta para prajurit dan PNS Seskoad itu, juga dibacakan tentang sejarah Hari Ibu di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 22 Desember. Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Sejarah peringatan Hari Ibu diawali ketika gema Sumpah Pemuda dan lantunan lagu Indonesia pada 28 Oktober 1928 digelorakan dalam kongres Pemuda Indonesia, menggugah semangat para pimpinan perkumpulan kaum perempuan untuk mempersatukan diri dalam satu kesatuan wadah mandiri. Atas prakarsa para Perempuan Pejuang Pergerakan Kemerdekaan pada tanggal 22-25 Desember 1928, digelarlah kongres perempuan Indonesia yang pertama kali di Yogyakarta, dengan membentuk satu organisasi federasi yang mandiri dengan nama Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia (PPPI).

Pada 1929, Perikatan Perkoempoelan Perempuan Indonesia (PPPI) berganti nama menjadi Perikatan Perkoempoelan Istri Indonesia (PPII). Pada 1935 diadakan kongres perempuan Indonesia II di Jakarta. Kongres tersebut disamping berhasil membentuk Badan Kongres Perempuan Indonesia, juga menetapkan fungsi utama Perempuan Indonesia sebagai Ibu Bangsa, yang berkewajiban menumbuhkan dan mendidik generasi aru yang lebih menyadari dan lebih tebal rasa kebangsaannya.

Pada 1938, Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung menyatakan bahwa tanggal 22 Desember sebagai hari Ibu. Presiden Soekarno kemudian mengukuhkannya melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur tertanggal 16 Desember 1959, yang menetapkan bahwa Hari Ibu tanggal 22 Desember merupakan hari Nasional dan bukan hari libur.

Usai kegiatan upacara, kaum Ibu Seskoad mendapatkan Ucapan Selamat dari segenap prajurit maupun PNS pria Seskoad, sebagai wujud penghormatan dan penghargaan peran kaum Ibu selama ini dalam berbagai aspek pengabdian. (Penhumas Seskoad)


Lembaga Kemiliteran Terkait