KULIAH PERDANA WAKASAD KEPADA PASIS DIKREG LVI SESKOAD TA 2018

  • 2018-01-18 21:15:26
  • penhumas

Bandung, Seskoad: Bertempat di Gedung Gatot Soebroto Seskoad Bandung, Rabu (17/01/2018). Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad)  LVI  TA 2018,  dibuka secara resmi oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman. Setelah upacara pembukaan pendidikan dilanjutkan dengan Kuliah perdana Wakasad kepada para pasis Dikreg ke LV yang berjumlah 281  Pasis, terdiri dari 267 Pasis TNI AD, 2 Pasis TNI AL dan 2 Pasis TNI AU, serta 10 Pasis dari negara sahabat yang meliputi,  Aljazair, Amerika Serikat, Arab Saudi, Australia, India, Malaysia, Pakistan, Singapura, Thailand dan Tiongkok. Hadir dalam Kuliah  tersebut, sejumlah pejabat TNI AD diantaranya Pangkostrad, Dankodiklat TNI AD, Pangdam III/Slw, Kasahli Kasad para Asisten Kasad dan sejumlah pejabat dan undangan lainnya.

Dalam Kuliah perdana Wakasad, disampaikan ucapan selamat kepada Perwira Siswa atas keberhasilannya melalui rangkaian proses seleksi yang panjang dan menguras energi sehingga akhrnya dapat mengikuti Pendidikan Reguler Seskoad.  Agar muncul rasa bangga dan mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan YME atas keberhasilan ini.  Selanjutnya agar muncul motivasi dan energi luar biasa untuk mengikuti pendidikan di Seskoad dengan baik.

Dalam kuliahnya, Wakasad menyampaikan bahwa tantangan dan tuntutan Tugas TNI AD di masa depan dipengaruhi oleh Banglistra, Teknologi komunikasi dan informasi, persenjataan militer, daerah penugasan dan perubahan dimensi ancaman. Hal ini menuntut TNI AD harus diawaki oleh perwira berwawasan, memiliki kemampuan menganalisa dan moralitas yang tinggi. 
  
Dalam menghadapi potensi ancaman yang ada dibutuhkan TNI AD yang modern dan profesional guna mencapai transformasi TNI AD. TNI perlu transformasi diri menjadi organisasi pertahanan negara yang modern dan tangguh (Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP.)  Transformasi TNI AD berbasis 5 Pilar yaitu 1) Memuktahirkan Doktrin dan Orgas. 2) Modernisasi Alutsista. 3) Membangun Kapasitas SDM. 4) Memperkuat kerjasama militer. 5) Memantapkan kemanunggalan TNI AD - Rakyat.  

Wakasad juga memberikan harapan dan penekanan yaitu : 1) pahami ilmu kepemimpinan militer dan manajemen. 2) Kuasai pengetahuan dan keteranpilan militer dalam melakukan olah yudha pertempuran. 3) Kembangkan cara berfikir kritis dalam menganalisa. 4) two ways communication dan jaga hubungan silturahmi sesama Pasis maupun civitas akademika. 5) lakukan diskusi untuk menghasilkan hal-hal positif dan konstruktif.  6) Belajar dan berlatih dengan menjunjung visi Seskoad “Terbaik, Terhormat dan Disegani”. (Penhumas Seskoad)


Lembaga Kemiliteran Terkait