PASIS SESKOAD LAKSANAKAN TES GARJAS GUNAKAN SISTEM KOMPUTER

  • 2018-05-08 00:28:15
  • penhumas

Sebanyak 281 Pasis Dikreg LVI Seskoad melaksanakan evaluasi Kesegaran Jasmani tahap I pada tanggal 3 sd 4 Mei 2018. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari kurikulum pendidikan reguler Seskoad TA. 2018.  Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Danseskoad Mayjen TNI Kurnia Dewantara dan Wadanseskoad Brigjen TNI Nugroho Tjendakiarto, S. H. berlangsung di lapangan Brigif 15/Kujang II Kodam III/Slw.  

Materi tes kesegaran jasmani ini meliputi Garjas A lari 3200 meter dan garjas B yang tediri dari Pull Up, Sit Up, Push Up dan Shuttle Run.  Tes Garjas kali ini berbeda dengan yang dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya.  Untuk pertama kalinya digunakan alat tes kesegaran jasmani yang berbasis komputer.  CBT Atau Computer Base Test ini telah diterapkan untuk seluruh pendidikan dan proses seleksi di TNI-AD. Penghitungan waktu, ketepatan gerakan dan jumlah gerakan yang benar dilaksanakan menggunakan alat khusus. 

Pada saat tes Garjas A (lari 3200 m) dan Shuttle run para Pasis menggunakan alat khusus seperti gelang yang berguna untuk menghitung waktu dan jarak pada saat melintasi garis start/finish. Pada saat Pull up, Sit Up dan Push Up para pasis melaksanakan di alat yang sudah dipasang sensor kamera yang dihubungkan dengan komputer yang dapat mendeteksi rangka tubuh dan menghitung jumlah gerakan yang benar. Alat khusus ini telah diujicoba dan dan diterapkan penggunaannya di kotama-kotama guna mempermudah pelatih jasmani, meningkatkan transparansi dan mencegah kecurangan dalam tes Garjas.  (penseskoad)


Lembaga Kemiliteran Terkait