PEMBUKAAN PENDIDIKAN REGULER LVII SESKOAD TA 2019

  • 2019-01-16 15:13:10
  • penhumas


Bandung, Seskoad: Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad)  LVII  TA 2019,  dibuka secara resmi oleh Komandan Seskoad Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara, bertempat di Gedung Satrio Seskoad Bandung, Rabu (16/01/2019).  Dikreg ke LVII ini dikuti oleh 308  Pasis,  yang terdiri dari 267 Pasis TNI AD, 2 Pasis TNI AL dan 2 Pasis TNI AU, serta 9 Pasis dari negara sahabat yang meliputi,  Thailand, Malaysia, Singapura, Australia, India, Pakistan, Filiphina, China dan Korea Selatan. Dalam upacara pembukaan tersebut, Komandan Seskoad membacakan amanat Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat.

Dalam amanatnya, Kasad menyampaikan ucapan selamat kepada Perwira Siswa atas keberhasilannya melalui rangkaian proses seleksi yang panjang dan menguras energi sehingga akhrnya dapat mengikuti Pendidikan Reguler Seskoad.  Selanjutnya agar mengimplementasikan rasa syukur dan terima kasihnya dengan mengikuti Motto Seskoad yang berbunyi “Terbaik, Terhormat dan Disegani”, hendaknya benar-benar ditanamkan dalam hati dan diwujudkan dalam setiap gerak langkah dan kegiatan sehari-hari.

Lebih lanjut Kasad menyampaikan bahwa Seskoad merupakan lembaga pendidikan tertinggi yang memiliki tugas dan peran strategis dalam mendidik dan menyiapkan para Perwira terbaik menjadi kader pimpinan masa depan baik bagi TNI AD, TNI maupun Negara dan Bangsa. 
  
Dalam jangka pendek, setelah melalui pendidikan ini para Pasis diharapkan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab jabatan Komandan dan Staf Umum pada golongan jabatan yang sesuai, sehingga dapat mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan militer guna mendukung sistem pertahanan negara, serta membangun sistem kerja organisasi militer yang efektif, efisien dan profesional.

Kasad juga memberikan 5 penekanan yaitu sebagai berikut : Pertama, Pegang Teguh kode etik perwira “Budi Bhakti Wira Utama”, sebagai landasan nilai moral dan spiritual yang kuat melekat dalam jiwa prajurit dalam mengimplementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI dimanapun Pasis bertugas. 

Kedua, teruslah belajar dan berlatih untuk mengembangkan dan menajamkan sikap kritis dan bangunlah jaringan silaturahmi yang efektif untuk mendukung keberhasilan tugas di masa yang akan datang.

Ketiga, raihlah prestasi setinggi-tingginya, namun jangan tinggalkan nilai-nilai kejujuran,kebenaran dan keadilan serta kehormatan sebagai Ksatria Bangsa Indonesia yang senantiasa berani memilih jalan yang sulit namun mulia dibandingkan jalan mudah namun hina.

Keempat, kedepankan prinsip kedewasaan dan kemandirian proses belajar mengajar sehingga tercipta kompetisi yang sehat, kebersamaan dan kerjasama yang positif di lingkungan akademisi.  

Kelima, tempa diri para Pasis agar dapat menjadi agent of change dan center of excellence yang mampu menjalani perannya sebagai katalis, penggerak perubahan, pemberi solusi, mediator serta penghubung di satuan nantinya. (Penhumas Seskoad)



Lembaga Kemiliteran Terkait