OBJEK WISATA TAMAN ANGGREK DI CIKOLE LEMBANG

  • 2017-08-27 23:13:50
  • penhumas

Bandung, Seskoad : Salah satu destinasi obyek wisata baru bertaraf internasional terletak di Desa Cikole Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat yang masuk wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara. Objek wisata ini adalah taman anggrek yang diberi nama Orchid Forest.

Lokasinya berada di lahan 12 hektar hutan pinus sekitar 1,2 km dari jalan raya melalui pintu lama jalur Tangkuban Perahu. Objek wisata ini akan jadi favorit karena memiliki koleksi sekitar 157 pohon anggrek baik dari jenis yang ada di Indonesia maupun dari berbagai belahan dunia seperti anggrek dari Venezuela, Peru dan Amerika Serikat.

Orchid Forest merupakan hasil kerjasama antara Perhutani dan PT. Jala Energy, penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Dirut PT.Jala Energy, Bapak Barry Akbar dan Kepala Primer Koperasi Perhutani Ibu Reni Sureni disaksikan Kepala Perhutani divisi regional Jabar-Banten Bapak Andi Purwadi, pekan lalu.

Dari sekian banyak jenis anggrek di seluruh dunia, setengahnya ada di Indonesia, dengan suhu antara 14-21 derajat celcius, tanaman anggrek akan tumbuh dengan baik, salah satu yang menjadi primadona adalah anggrek hitam langka atau coelogyne pandurata dan anggrek kantong semar atau anggrek selop.  

Wisatawan yang datang ke Orchid Forest tak hanya menikmati limpahan oksigen sejuk khas hutan pinus, namun juga diajak untuk berjalan-jalan dan memanjakan mata melihat keindahan warna warni anggrek langka, menikmati, memiliki dan belajar budidaya anggrek.

Selain obyek wisata, Orchid Forest juga sebagai pusat budidaya, konservasi dan penangkaran bunga anggrek. Dengan konsep geowisata dan ecotourism ini Perhutani berupaya menjaga kelestarian flora sekaligus mengangkat ekonomi masyarakat.(Penhumas Seskoad)


Lembaga Kemiliteran Terkait