SESKOAD GELAR SALAT IDUL ADHA 1438 H

  • 2017-09-02 17:15:56

Bandung, Seskoad: Komandan Seskoad Mayjen TNI Usodo Hargo Usodo S., S.I.P. M.M. didampingi Wadan Seskoad Brigjen TNI Kurnia Dewantara tampak hadir di tengah-tengah anggota Seskoad dan masyarakat sekitar untuk melaksanakan salat Idul Adha 1438 Hijriyah, Jumat (01/09/2017) pukul 07.30. bertempat di depan Gedung Grha Wiyata Yuddha Mako Seskoad Bandung, animo masyarakat yang melaksanakan salat Idul Adha cukup tinggi, ini terlihat dari penuhnya jamaah di depan maupun samping Mako Seskoad.  

Selanjutnya acara dibuka oleh PNS Koko Komadin, S.A.P. selaku anggota DKM Masjid At-Taqwa Seskoad, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Panitia, Kabintal Seskoad Mayor Caj Ahmad Shodiq, S.Ag.  Dalam sambutannya dijelaskan bahwa imam dan khotib adalah Bapak H. Rahmat Effendi, M.Ag. dari Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, juga disampaikan tema Idul Adha tahun ini adalah “MELALUI HIKMAH IDUL ADHA 1438 H/2017 M KITA TINGKATKAN KEIMANAN DAN KETAKWAAN SERTA SIKAP RELA BERKORBAN GUNA MEWUJUDKAN PRAJURIT YANG KUAT, HEBAT, PROFESIONAL DAN DICINTAI RAKYAT”.

Ketua Panitia juga melaporkan hewan qurban yang masuk, seluruhnya berjumlah 47 ekor terdiri dari 5 ekor sapi dan 42 ekor kambing, dengan rincian 2 ekor sapi dari Danseskoad dan Wadan Seskoad sedangkan 3 ekor sapi lagi masing-masing dari Mayor Inf Suyanto beserta keluarga, Kapten Inf Sudirlan dkk 6 orang dan PNS Koko Komadin, S.A.P. dkk 6 orang, laporan ditutup dengan penjelasan singkat tentang tata cara sholat Idul Adha.

Selesai salat Idul Adha Khotib menyampaikan ceramahnya yaitu, bahwa hari ini adalah hari yang teristimewa dimana Allah SWT menamakannya sebagai hari raya haji atau hari raya qurban atau hari raya Idul Adha karena pada saat ini jutaan umat Islam yang berasal dari seluruh penjuru dunia sedang melaksanakan ibadah haji dengan mengumandangkan takbir dan talbiyah silih berganti dan pada hari ini pula kita mengenang sejarah peristiwa berqurban yang telah dilakukan oleh dua orang hamba Allah yang ikhlas melaksanakan perintah-Ny yaitu Nabi Ibrahim AS. dengan anaknya Nabi Ismail AS. 

Selanjutnya khotib menghimbau bahwa kita sebagai bagian dari elemen bangsa berkewajiban untuk senantiasa menerapkan nilai-nilai ibadah qurban dalam kehidupan kita dan kewajiban menjaga Empat Pilar Kebangsaaan yaitu Pancasila, UUD’45, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bagian dari pengorbanan kita selaku warga bangsa Indonesia. (Penhumas Seskoad)


Lembaga Kemiliteran Terkait