PENUTUPAN LATIHAN PKB OPSGAB PASIS SESKO TNI DAN SESKO ANGKATAN TA 2017

  • 2017-10-01 09:47:49
  • penhumas

Bandung, Seskoad: Program Kegiatan Bersama Operasi Gabungan “Wira Siaga XXXVII” TA 2017 (PKB Opsgab) Pasis Sesko TNI dan Pasis Sesko Angkatan (AD, AU, AL), Jumat (29/09/2017) dinyatakan selesai oleh Komando Latihan (Kolat) setelah kegiatan berjalan selama lima hari yang dilaksanakan di beberapa fasilitas gedung yang ada di Seskoad yaitu, Gedung Jenderal Gatot Subroto, Gedung Jenderal Suwarto, Gedung Jenderal S. Parman dan Gedung Olah Yudha (TFG).

PKB Opsgab dilaksanakan menjelang akhir pendidikan, merupakan kegiatan integrasi dari kurikulum pendidikan Sesko TNI dan Sesko Angkatan khususnya mata kuliah Operasi Gabungan, kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk latihan dengan metode Geladi Posko I, dilaksanakan di tiap-tiap Sesko TNI dan Sesko Angkatan dengan penamaan Komando Latihan Garuda, Macan, Hiu dan Elang. 

Tujuan diselenggarakannya kegiatan latihan ini adalah, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Pasis Sesko TNI dan Sesko Angkatan dalam Prosedur Hubungan Komandan dan Staf pada Operasi Gabungan TNI dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP), menganalisa dan merumuskan konsep operasi yang bersifat gabungan serta membangun semangat integrasi melalui penyamaan visi, persepsi dan interpretasi untuk mewujudkan interoperabilitas dalam perencanaan Operasi Gabungan TNI dalam rangka OMSP. 

Operasi Gabungan ini mengambil tema “KOGASGAB TERPADU TNI MELAKSANAKAN OPERASI PENANGGULANGAN BENCANA ALAM DI WILAYAH SUMATERA BARAT DALAM RANGKA MENDUKUNG TUPOK TNI”

Dalam latihan ini juga diharapkan dapat menguji Doktrin yang telah ada yaitu Operasi Gabungan TNI dalam rangka OMSP dikaitkan dengan rencana pengambilan keputusan pada perencanaan Operasi Gabungan TNI yang dipersiapkan. Adapun materi OMSP yang dilatihkan yaitu Operasi Penanggulangan Bencana  (berskala Nasional), dengan disertakan materi OMSP lainnya sebagai dinamika atau RIL. Pasis Sesko TNI akan diorganisir sebagai unsur pimpinan dan Pembantu Pimpinan (Pangkogasgabpad/Wadan dan Para Asisten), sedangkan Pasis Sesko Angkatan sebagai Unsur Pelaksana (Dansatgas serta Staf), dan yang akan dilatihkan meliputi Satgas Komlek, Satgas SAR, Satgasrat, Satgasla dan Satgasud. (Penhumas Seskoad)


Lembaga Kemiliteran Terkait