NONTON BARENG FILM PENGHIATAN G 30 S/PKI

  • 2017-10-01 12:14:49
  • penhumas

Bandung, Seskoad : Komandan Seskoad Mayjen TNI Dody Usodo Hargo S., S.I.P., M.M. menyampaikan kata sambutannya pada kegiatan nonton bareng film Penghianatan G 30 SPKI, Sabtu (30092017) pkl. 20.00 di Lapangan Melati Mekar Seskoad Bandung dihadiri oleh kurang lebih 2.031 orang menyaksikan dengan antusias kemasing-masing layar yang telah disiapkan sebanyak tiga buah layar.

Dalam sambutannya Komandan Seskoad menjelaskan bahwa Peristiwa Gerakan 30 September PKI atau Gestapu (Gerakan September tiga puluh) atau Gestok (Gerakan Satu Oktober) adalah suatu peristiwa kudeta yang gagal dalam merebut kekuasaan terhadap pemerintahan yang syah, dalam hal ini Partai Komunis Indonesia akan mengganti dasar negara Pancasila dengan ideologi komunis.  

Sebelum terjadi peristiwa G 30 SPKI, ada beberapa rentetan peristiwa baik ditubuh TNI maupun di masyarakat, diantaranya PKI mengajukan tuntutan kepada Presiden Soekarno untuk membentuk dan mempersenjatai “Angkatan Ke-5” yaitu kaum buruh dan tani, tuntutan ini di tolak oleh Letjen TNI Achmad Yani yang waktu itu menjabat sebagai MenteriPanglima Angkatan Darat dan akhirnya menjadi korban pembunuhan oleh Gerakan 30 September PKI.

Pada kesempatan ini Danseskoad menyempatkan melempar beberapa pertanyaan kepada para penonton terutama pelajar setingkat SD, SMP dan SMA untuk mengetahui sejauhmana pemahaman terhadap peristiwa tersebut, dan bagi yang dapat menjawab dengan benar mendapatkan hadiah atau doorprize yang telah disiapkan oleh panitia penyelenggara nonton bersama. 

Hadir pada acara nonton bareng ini, Wadan Seskoad Brigjen TNI Kurnia Dewantara, para pejabat struktural Seskoad, Camat Lengkong,  Lurah Lingkar Selatan, Direktur Utama Orchid Forest, Kepala Cab. Pembantu Bank Mandiri Gatot Subroto, Kepala Cab. Bank BJB Braga, Kepala Cab. Bank BRI Asia Afrika, Pengurus FKPPI Prov. Jawa Barat, Ketua dan Wakil Ketua serta pengurus Persit KCK Cab. BS Seskoad, Pasis Dikreg LV Seskoad TA 2017 dan seluruh organik Seskoad militer maupun PNS beserta keluarga dan warga masyarakat disekitar. (Penhumas Seskoad)


Lembaga Kemiliteran Terkait