CERAMAH BINTAL IDEOLOGI

  • 2017-10-13 17:35:39
  • penhumas

Bandung, Seskoad: Untuk lebih meningkatkan pemahaman tentang Pancasila, Bintal Seskoad menyelenggarakan Ceramah Bintal Ideologi bagi prajurit dan PNS Seskoad, Rabu (11/10/2017) di Gedung Prof. Dr. Satrio Seskoad Bandung.

Tampil sebagai penceramah Kolonel Inf Dede Indrazat, S.Sos. merupakan Dosen Utama di Seskoad, ceramah Bintal kali ini mengetengahkan tema “MEMAKNAI KESAKTIAN PANCASILA DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA”.

Mengawali ceramahnya disampaikan, bahwa bangsa Indonesia tumbuh dan berkembang melalui proses sejarah yang panjang, dari mulai zaman pra sejarah, masa kerajaan, penjajahan, tercetusnya Sumpah Pemuda 1928 dan akhirnya proklamasi kemerdekaan tanggal 17-08-1945, para pejuang bangsa memiliki nilai-nilai kepahlawanan, sehingga mereka dapat merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia, mereka cinta damai namun lebih cinta kemerdekaan dan bangsa Indonesia lahir dari persamaan perasaan kebangsaan Indonesia, kehendak untuk hidup bersatu di tanah air Indonesia sebagai satu bangsa untuk bersama-sama berjuang untuk mencapai cita-cita kebangsaan dan bangsa Indonesia tidak lahir didasarkan atas persamaan kelahiran, kesukuan asal-usul kedaerahan, RAS ataupun keagamaan.

Selanjutnya dikatakan bahwa untuk membina ideologi Pancasila dalam kehidupan anggota TNI AD dan PNS sebagai insan Pancasila harus memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Panca Prasetya Korpri.  (Penhumas Seskoad)


Lembaga Kemiliteran Terkait