CERAMAH BINTAL KEJUANGAN HARI PAHLAWAN KEPADA ORGANIK SESKOAD

  • 2017-11-22 09:59:20
  • penhumas

"Kita semua di ruangan ini adalah orang tua dan pahlawan yang harus mampu melahirkan pahlawan baru" demikian salah satu kalimat yang disampaikan Kolonel Inf Tatang Subarna pada saat ceramah bintal kejuangan kepada organik Seskoad di Gedung Prof. Dr. Satrio, Seskoad Bandung. (22/11/2017).

Kegiatan ini diawali dengan quiz berhadiah yang mengangkat tema-tema sederhana seperti pengenalan anggota terhadap foto-foto pahlawan, pengetahuan suku-suku yang ada di Indonesia, lagu nasional dll. Para organik seskoad baik militer maupun PNS yang ditunjuk untuk maju ke depan sebagian besar dapat menjawabnya dengan benar meskipun beberapa kurang sempurna.  Setiap peserta yang tampil juga diberikan hadiah dari penceramah yang merupakan Kabid Straopsjianbang Sdirbinjianbang Seskoad .

Dalam ceramah yang mengambil tema "Bagaimana Implementasi Nilai-Nilai Kepahlawanan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Era Modernisasi" ini mengambil identifikasi persoalan yang pertama yaitu telah dilupakannya sejarah oleh kebanyakan orang dan terjadinya pergeseran nilai-nilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.  Diberikan gambaran juga tentang pandangan generasi muda saat ini tentang makna hari pahlawan dimana sebagian besar dari mereka berpendapat bahwa memaknai hari pahlawan adalah dengan tidak terlibat narkoba, seks bebas, alkohol bahkan rokok.  Selain itu juga dengan selalu dengan berbuat yang terbaik, berprestasi yang dapat dibanggakan di bidangnya masing-masing. 

"Strategi yang harus dilakukan dalam menghadapi hal ini adalah dengan cara memperbesar prosentase waktu penyajian di seluruh lemdik/sekolah secara bertahap, mengambil inisiatif, kreatif dan inovatif dalam penyajian serta melibatkan seluruh potensi yang ada" demikian yang diutarakan penceramah.  Disebutkan juga dalam materi ini bahwa pahlawan bagi kita saat ini adalah orang tua kita yang telah berhasil mendidik kita sehingga dapat menjadi seperti sekarang ini.

Dalam kesempatan ini penceramah juga memberikan contoh-contoh pahlawan dalam kehidupan kita sehari-hari yang diantaranya beberapa organik Seskoad yang mampu menyekolahkan anaknya ke jenjang Universitas Negeri ternama, baik dalam maupun luar negeri, serta beberapa diantaranya berhasil mendidik anaknya sehingga mampu diterima menjadi bintara polisi maupun sekolah ikatan dinas seperti IPDN.  Para organik Seskoad yang tampil ke depan ini juga diberikan hadiah oleh pembawa materi.  Para orang tua ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi yang lain bahwa kita juga harus mampu menjadi pahlawan bagi anak-anak kita dengan memberikan mereka masa depan yang cerah melalui pendidikan yang layak. (penseskoad)


Lembaga Kemiliteran Terkait