PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG MASALAH PENYAKIT JANTUNG

  • 2017-08-28 20:13:55
  • penhumas

Bandung, Seskoad: Wadan Seskoad Brigjen TNI Kurnia Dewantara mewakili Komandan Seskoad Mayjen TNI Dody Usodo Hargo S., S.I.P., M.M., Senin (28/08/2017) di Gedung Prof. Dr. Satrio Seskoad Bandung membacakan sambutan Danseskoad dalam acara penyuluhan kesehatan tentang masalah jantung yang disampaikan oleh narasumber dari Rumkit Tk. II Dustira Cimahi, Letkol Ckm dr. Prihati Pujowaskito, Sp.JP.

Dalam sambutan disampaikan bahwa penyakit jantung atau kardiovaskular yang sering ditemui adalah  penyakit jantung koroner dan gagal jantung, penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di negara maju dan berkembang, termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 (RISKESDAS), diselenggarakan setiap 5 tahun sekali,  diketahui prevalensi penyakit jantung di Indonesia sebesar 1,8% atau sekitar 3.180.408 orang.
 
Penjelasan tentang penyakit jantung lebih detail dijelaskan oleh Letkol Ckm dr. Prihati Pujowaskito, Sp.JP tentang penyebab, faktor risiko penyakit jantung dan upaya pencegahannya, diantaranya dengan menerapkan prinsip  S-E-H-A-T, Seimbang gizi, Enyahkan rokok, Hindari stress, Awasi faktor risiko, Teratur berolahraga. (Penhumas Seskoad).


Lembaga Kemiliteran Terkait